25 Juli 2014

SKEMA DECODER STEREO IC AN7420

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Selamat datang di blog super sederhana udintegal.blogspot.com
salam kenal nggo kabeh bae.

Dengan rahmat Tuhan akhirnya di tahun 2014 ini berkesempatan posting nich, he..

Pada awalnya bingung nih mau posting apaan lagi, maklum blogger amitir, namun setelah saya pikir-pikir mungkin lebih baik posting apa saja deh, entah pengetahuan entah hobby yang penting bermanfaat, setiap ada kesempatan Insya Allah saya posting di udintegal.blogspot.com ini, mudah-mudahan kemudian hari bisa post lagi, mohon doa gan!

Langsung saja deh, kali ini saya akan share tentang decoder stereo IC AN7420, ini sebenarnya proyek lama tahun 2006-an yang didapat dari kakak ku yang nomer 2, stereo decoder / demodulator ini digunakan setelah output suara receifer FM mono anda untuk kemudian modulasinya diubah menjadi stereo pada output si decoder, fungsinya sama dengan IC AN7410 ataupun BA1320, Cuma lebih ringkas IC nya (9 pin/kaki), modulasi output lebih oke pula, menurutku sih.

Dibawah ini dia skemanya..



Oia, untuk mendapatkan hasil yang terbaik jangan takut melakukan improvisasi yach, misal dengan merubah nilai kapasitor atau resistor dengan yang lebih besar atau lebih kecil dari nilai yang tertera di skema, ambil contoh nilai kapasitor keramik pada input yang bernilai 500 pF (ingat input ini sangat tergantung dari output modulasi dari radio fm/tuner receiver fm mono anda) bisa dirubah menjadi 1000 pF (1nF), karena ternyata stereo yang dihasilkan akan lebih baik tapi tetap low noise pula, tapi ini hanya sekedar contoh saja, bisa jadi malah nilai capasitor ceramic ini di kecilkan bahkan tak dibutuhkan sama sekali (sekali lagi ini tergantung output suara radio receiver fm mono anda), agar lebih mudah dipahami silahkan anda bereksperimen sendiri tentang hal ini!

Nah, di bawah ini pin out tuh ic, monggo..



Mudah-mudahan bermanfaat gan, skema decoder ini. berhubung sebentar lagi idul fitri, tak lupa saya ucapkan minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir batin, mohon comment yang ikhlas lahir batin pula..hehe.., saran kritik dan masukan pula jikalau ada yg keliru pada skema ataupun tulisan saya diatas. Selamat bereksperimen!

Akhirul kalam matur suwun.

Wassalamualaikum.

1 komentar:

Uwan Udin mengatakan...

Comment disini please..wajib tertib dan santun yach, ada kesempatan mudah-mudahan saya balas, tapi tak janji lho.. salam.