26 Agustus 2014

Mata dan Keterbatasannya

*Spektrum kasatmata/spektrum nampak/spektrum optik (visible spectrum)

Spektrum kasatmata (visible spectrum) adalah spektrum elektromagnetik yang bisa dilihat manusia. Mata normal manusia dapat menerima cahaya dengan rentang panjang gelombang 390-700 nm (nanometers) atau sekitar 790-430 THz (terahertz). Lebih lengkapnya baca di wikipedia.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa mata manusia secara umum tidak dapat melihat spektrum cahaya dengan lamda (panjang gelombang) di bawah 390 nm dan di atas 700 nm.

*Bukti keterbatasan mata manusia

Inframerah/infrared adalah salah satu contoh spektrum cahaya yang terletak sedikit di luar spektrum kasat mata, inframerah memiliki rentang lamda 700 nm-1mm atau dalam frekuensi di kisaran 430 THz-300 GHz. Dengan keadaan yang demikian, mata manusia sudah tidak mampu melihat cahaya inframerah secara langsung, akan tetapi lensa kamera masih bisa menangkap cahaya ini. Hal ini bisa dibuktikan dengan mudah, remot tv/radio (dengan sistem ir) cahaya inframerahnya masih bisa ditangkap kamera handphone/kamera digital biasa, seperti pada foto percobaan di bawah ini.






Dengan melihat di layar handphone (pada saat kamera on) kita dapat melihat cahaya tampak dari led remot ketika kita tekan (sembarang) tombol pada remot tersebut. coba lakukan tanpa kamera (dengan mata telanjang), kita tak mungkin dapat melihat led remot tersebut menyala!Agar lebih jelas silahkan anda lakukan ujicoba sendiri.

Oia, selain inframerah sebenarnya masih banyak spektrum elektromagnetik tak nampak yang lain seperti microwave, ultraviolet, sinar-x, sinar-gamma yg semuanya telah digunakan dan bermanfaat bagi kehidupan manusia, namun tidak saya bahas pada laman ini karena belum punya referensi, he..

Dengan percobaan ringan di atas sebenarnya telah membuktikan bahwa ada hal-hal lain disekeliling manusia yang tidak dapat dilihat dengan kasat mata namun benar-benar ada (hal gaib), termasuk di dalamnya seperti medan magnetik, magnet bumi, medan listrik, gravitasi bumi, berbagai macam energi dan gaya, serta adanya nyawa/roh manusia (serta nyawa pd tumbuhan dan hewan) bahkan lebih jauh lagi tentang mahluk gaib yang sudah tercantum di kitab-Nya,yang kesemuanya di luar panca indra kita. tentunya kita tinggal mengimaninya (percaya) saja, tidak perlu mencari lebih detail tentang ada dan keberadaannya..hanya Allah yang tahu.


Sumber: browsing, percobaan

Tidak ada komentar: