11 Agustus 2014

Skema Stereo Encoder AN7410 CD4016 tanpa kristal

Assalamualaikum warahmatullahiwabarakatuh

Salam serta doa tercurah semoga tetap diberi rahmat serta berkah tuhan, amin.

Saudaraku pembaca seinternetional, ketemu lagi nih.., kali ini saya akan membagikan skema / schematic stereo encoder IC AN7410 dan CD4016.

Stereo encoder adalah alat/rangkaian elektronik pelengkap transmitter FM. Stereo encoder digunakan agar modulasi yang dipancarkan dari pemancar (transmitter) FM diterima pendengar di radio receiver FM menjadi 2 kanal suara sekaligus (kiri dan kanan), tentu dengan syarat si receiver FM sudah mempunyai menu stereo, dengan ciri-ciri dalam rangkaian receiver FM tersebut sudah dilengkapi rangkaian demodulator/decoder stereo yang biasanya ber IC BA1320, AN7420, LA3361 ataupun AN7410 (yang dalam tulisan ini akan dibalik fungsinya menjadi encoder).

Dengan kemajuan teknologi radio yang begitu pesatnya ternyata ikut pula mempengaruhi sistem stereo dekoder yang digunakan receiver FM, seperti receiver FM digital yang banyak dijual di pasaran maupun aplikasi receiver FM yang tersemat pada fitur handphone kebanyakan sudah memakai komponen kristal sebagai pengunci frekuensi stereonya. Ini berakibat pada sistem stereo encoder pada transmitter nya pun mau tidak mau harus memakai kristal untuk pembangkit stereonya. Dalam percobaan kecil-kecilan yang dibahas kali ini tidak dianjurkan memakai receiver canggih tersebut di atas karena signal stereo tidak akan berfungsi maksimal karena pergeseran frekuensi stereo pada encoder (karena pembangkit vco belum memakai kristal). Pakai saja receiver analog jadul atau receiver tuner FM yang banyak dijual di pasaran (yang sudah stereo tentunya).

Oke, langsung saja menuju ke skema encodernya di bawah ini



Stereo encoder di atas dapat berfungsi cukup baik bila kita teliti membuatnya, pre amplifier audio dibutuhkan pula agar dapat berfungsi maksimal. Pre amp sebaiknya di taruh di depan (input encoder). Seperti tergambar pada bagan berikut



Pada gambar di atas pada yang tertera huruf A dan B, jangan lupa kasih elco, 1uF sudah cukup (maaf lupa menggambarnya), saya tambahkan di waktu lain.

Untuk skema pre amp audionya silahkan anda cari sendiri di internet, banyak bertebaran, kalau anda punya skema preamp andalan sendiri juga boleh dipakai. Yang pasti saya tetap menekankan jika anda ingin mendapatkan hasil yg terbaik dalam merangkai rangkaian diatas, harus tetap berani berimprovisasi, jangan terpaku pada nilai komponen yang tertera pada skema, perubahan nilai komponen tetapkah diperlukan untuk mendapatkan separasi/pemisahan stereo yang sesuai dengan keinginan( tentunya dengan tingkat pemisahan stereo yang maksimal), pre amp audionya pun sangat menentukan dalam hal ini.

Oia bila IC susah dicari, ada penggantinya yang identik, untuk IC AN7410 bisa diganti dengan IC BA1320, untuk IC CD4016 bisa diganti IC CD4066.

Semoga bermanfaat skema encoder an7410 di atas. Terimakasih bagi yang sudah berkenan membaca, kritik serta masukan tetap saya tunggu, akhir blog saya doakan semoga hari anda selalu dilalui dengan kebahagiaan... selamat bereksperimen!

Wassalamualaikum.

2 komentar:

doni madan mengatakan...

salam kenal dengan Guru elektronika tanjungbalai

Shikamaru Nara mengatakan...

thanks gan sudah share
solder temperatur